Soto Ayam Pak Man, Cita Rasa Lezat Berpadu Nikmat

SAGAN, SALAMGOWES – Mengisi libur akhir pekan ini, saya ngiras soto ayam Pak Man di daerah Sagan di ruas jalan Prof. Ir. Yohanes. Pilihan soto tersebut berkat rekomendasi teman saya yang pernah merasakan cita rasa soto olahan Pak Man. Saya pun menerima rekomendasi tersebut dengan pertimbangan jarak yang lumayan enjoy untuk bersepeda, dan membaca beberapa ulasan di internet mengenai soto ayam Pak Man tersebut.

Jarum arloji tepat menunjukan pukul 05.30 WIB saya mengayuh sepeda meninggalkan rumah. Pagi itu udara masih segar dan hawa dingin terasa menusuk tulang, hal tersebut membuat saya memindahkan gigi gir sepeda yang berat untuk dikayuh. Alhasil kedua kaki saya harus menggenjot dengan tenaga lebih sehingga hawa dingin yang menerpa pada tubuh saya sedikit demi sedikit berkurang. Kurang lebih 45 menit waktu yang saya butuhkan untuk sampai di lapak soto ayam Pak Man.

Sesampainya di lokasi saya tidak langsung memesan melainkan meminta ijin untuk mengambil gambar. Berkat kebaikan dari Pak Man cs saya dijinkan untuk mengambil beberapa gambar mendokumentasikan kesibukan di tempat tersebut. Beberapa mangkok tertata rapi siap disajikan kepada pembeli, setiap mangkok sudah terisi lengkap tinggal dituangi kuah soto.

Soto Ayam Pak Man buka pukul 05.30 – 12.30 WIB. Biasanya puncak pengunjung pukul 06.00 – 09.00 WIB, sedangkan siang hari setelah pukul 11.00 WIB. Lapak soto ayam Pak Man kurang lebih di isi 20 – 30 kursi dengan dua meja panjang membujur utara ke selatan.

Di sela-sela kesibukan Pak Man cs melayani pembeli, saya sempatkan mengambil gambar ketika kepulan asap keluar dari baskom kuah. Hal ini sebagai pertanda bahwa pak Man siap melayani pembeli hingga siang nanti. Selain itu saya juga mengambil gambar para pembeli yang sedang sarapan dan sesekali ngobrol dengan teman-temanya.

Merasa sudah cukup mengambil gambar, saya pun memesan satu porsi soto ayam, dan segelas teh manis hangat. Tidak butuh waktu lama pesanan sudah datang, sebelum menyantapnya saya mendokumentasikannya dari berbagai sudut agar mendapatkan hasil gambar yang enak untuk dilihat.

Soto ayam Pak Man terdiri dari irisan mihun, tempe, taoge, kobis, daun loncang sledri, bergedel dan daging ayam yang di sesuaikan porsinya. Cita rasa Soto Ayam Pak Man identik dengan rasa manis, dan porsinya banyak dibandingkan yang lain lain. Selain itu irisan tempe serta bergedelnya lumayan besar dan mampu mengeyangkan perut lapar.

Tips menikmati soto ayam Pak Man dengan sukses, yakni mengkombinasikan kerupuk bakso kering kemudian diremas-remas setelah itu ditaburkan pada soto tersebut lalu aduk secara perlahan. Cita rasa gurih, dan enak mampu membuat lidah kita bergoyang. Selain itu kita dapat menggunakan cara lain, yakni sisakan kuah soto kemudian dengan cara yang sama kita aduk perlahan sehingga cita rasa nikmat pun kita dapatkan.

Kurang lebih satu jam akhirnya saya tuntaskan sarapan pagi soto ayam Pak Man dengan sukses. Cita rasa sotonya membuat lidah saya terus bergoyang, perut kenyang, dan cukup dengan Rp. 12.500,- kita sudah dapat satu porsi soto, segelas teh hangat, dan satu kerupuk bakso. (aanardian/salamgowes)

Lokasi: Warung Soto Ayam Pak Man,  jalan Prof. Ir. Herman Yohanes Sagan Gondokusuman Yogyakarta DIY.

Tinggalkan Balasan

