Es Campur Pak Lantip, Jajanan Legendaris dari Gerjen Kauman

KAUMAN, SALAMGOWES – Aktifitas gowes kali ini cukup singkat karena rute yang dilalui tidaklah jauh dari tempat tinggal saya, yakni jalan Nyai Ahmad Dahlan Yogyakarta. Kegiatan gowes pada edisi ini saya ngiras di lapak es campur Pak Lantip. Lapak jualan beliau termasuk jajanan legendaris di wilayah kota Yogyakarta, beliau sudah berjualan kurang lebih 15 tahun di tempat ini.

Sesampainya di sana terdapat pemandangan lain, yakni gerobak es Pak Lantip dalam kondisi baru menggantikan gerobak lama. Setelah memarkir sepeda, saya pun langsung memesan satu porsi es campur komplit. Suara gesekan es batu dengan papan pemecah menjadi aktifitas harian Pak Lantip ketika pembeli datang memesan es campur beliau. Biasanya sebelum menaburkan kepingan-kepingan es batu, Pak Lantip menayakan apakah dicampur dengan gula jawa atau gula pasir. Saya pun memilih di campur dengan gula jawa.

Pelayanan terhadap pembeli di lapak ini termasuk cepat dan efisien karena sudah dipersiapkan dahulu mangkok dengan adonan komplit di gerobak tersebut. Setelah pembeli datang memesan, es batu segera diserut menjadi butiran menaburi mangkok tersebut. Hal ini menjadi salah satu kunci sukses Pak Lantip melayani pembeli sehingga bisa bertahan hingga sekarang ini.

Selain itu, cita rasa tetap dipertahankan sehingga banyak pembeli di lapak ini kembali lagi dan biasanya membawa teman untuk diajak menikmati olahan es campur ala Pak Lantip. Bahkan ada beberapa pelanggan lama datang di tempat ini mengajak anak cucunya menikmati jajanan legendaris khas Gerjen Kauman.

Adonan es campur Pak Lantip tidak berbeda dengan yang lain. Cendol, buah-buahan, kolang-kaling, dan es batu yang diserut juga sama, yang membedakan adalah pelayanan yang cepat serta keramahan penjual di lapak ini. Selain itu, faktor pengalaman yang sudah berpuluh tahun membuat para pembeli percaya dengan kualitas es campur olahan Pak Lantip. Satu porsinya dibandrol Rp. 7.000,-. Jam operasional pukul 09.00 WIB 0 selesai. (aanardian/salamgowes.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s